Sabtu, 26 Oktober 2013

Cerita Kami “Belajar Teknik Presentasi”


Teknik presentasi, itu merupakan judul materi yang saat itu saya pelajari bersama anak-anak KSL. Hal ini saya lakukan hanya untuk sekedar berbagi dengan mereka karena beberapa factor. Dengan pengalaman yang sedikit, saya mencoba mengajari mereka bagaimana menjadi seorang presenter yang baik dalam membawahkan sebuah acara, atau memeparkan materi.

Sedikit cerita, bahwa saya itu sangat tertarik menjadi pembawah acara saat SMA, tapi saya tidak pernah mengetahui bagaimana caranya. Keinginan itu timbul saat saya memperhatikan sesorang membawakan acara atau menyampaikan materi didepan orang banyak. Terkadang apabila saya memperhatikan seorang pembicara atau presenter yang ada di tv, enatah setan apa yang membuat bibir saya mengikuti apa yang disapaikan oleh pembica maupun presenter, bahkan teman-teman saya pun mengatakan aneh ketika orang berbicara mulut saya ikut mengucapkan kata-kata yang yang orang lain ucapkan. Dengan bekal keberanian hal kecil yang saya lalui yakni bagaimana saya tampil maksimal saat diskusi sekolah, dengan menggunakan bahasa yang baku. Bahkan saat SMA saya paling senang menjadi panutan saat membacakan susunan acara pada saat upacara hari senin, bahakan membawakan acar disnatalies sekolah.

Waktu terus berlalu kini saatnya saya telah menjadi mahasiswa dengan perasaan malu-malu yang merasakan bahwa saya orang yang tidak tahu mau bertanya kepada siapa, maklumlah mahasiswa baru yang bodoh datang dari kampoeng. Keinginan menjadi seorang pembawah acara yang bias berbicara didepan orang banyak saya latih ketika saya mempresentasikan tugas kuliah didepan dosen dan teman-teman saya. Saya juga pernah menjadi pembawah acara dikegiatan KSL goes to fakulty yang saat itu fakultas MIPA menjadi sasaran utama. Memang saat itu bisa dikatakan lucu, karena ada beberapa kalimat sehari-hari yang saya ucapkan saat acara tersebut, kata "DEPE" yang menjadikan suasana acaranya semakin ribut dengan suara tertawaan teman-teman waduhhhh sayanya jadi sangat malu, tapi saya tetap menjadikan sebuah kesalahan menjadi pengalaman dan dapat diperbaiki dikemudian hari. Pengalaman pertama saya menerima materi tentang teknik presentasi itu saat saya tergabung dalam komunitas AKBER (Akademi Berbagi Gorontalo), yang saat itu pematerinya 2 orang perempuan cantik yang membahas tentang teknik presentasi juga, kemudian tertarik dengan Speaking Club yang dikelolah oleh Dosen saya Bapak Agus Lahinta , tapi minimnya uang saku saya sehingga niat itu saya urungkan. Tapi saya sempat terkejut saat pak Agus buat Public Speaking di AKBER Gorontalo, jadi semangat untuk belajar lagi. Yah udah saya ikutan dong mumpung GRATISSSSS……. Terima kasih yaa.. pak Agus….. :) SUKSES SELALU...

Beberapa hari saya ikut AKBER tentang Public Speking, saya dipercayakan teman-teman membawahkan acara bincang-bincang komunitas, yhaa namanya juga masih belajar jadi masih terdapat kesalahan, tapi tidak apalah nambah pengalaman saja.

Okh iya, tepatnya malam sabtu tanggal 25 November 2013, saya coba membuka kelas teknik presentasi kepada teman-teman KSL 2012. Walaupun minimya pengalam yang saya peroleh, tapi tidak apalah yang penting bisa berbagi dengan mereka. Hal ini saya rencanakan bersama Kak Walid Umar agar nantinya anak-anak KSL mampu berbicar didepan orang banyak, dan hal ini tentunya sangat bagus bagi mereka yang masih berstatus sebagai mahasiswa agar nantinya melakukan presentasi tugas maupun skripsi merka sudah terbiasa dan tidak takut lagi tampil berbicara didepan orang banyak. Saya lupa juga kelas ini kami lakukan ketika teman saya membawahkan materi di depan orang banyak, dan lebih parahnya saat diajukan pertanyaan teman saya nggak bisa jawab. Nah hal itu yang saya perbincangan dengan kak walid bagaimana malatih mereka..?

Untuk urain materi yang kita bahas saat itu yakni :

Apa Itu Presentasi ?

Presentasi adalah komunikasi yang melibatkan hubungan aktif antara presenter dengan audience melalui media komunikasi supaya audiens mengerti dan memahami pesan yang disampaikan oleh presenter. Dari pengertian di atas dapat kita lihat bahwa presentasi mengandung lima komponen utama, yaitu: 
  1. Presenter. Orang yang menyampaikan presentasi 
  2. Pesan. Materi yang disampaikan dalam presentasi 
  3. Media. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan (verbal, nonverbal, slide, audio, video) 
  4. Audiens. Orang yang mendengarkan pesan 
  5. Hubungan aktif. Adanya hubungan timbal balik yang efektif antara presenter dan audiens.


Metode Presentasi

  • Impromptu speech, artinya seseorang untuk menyampaikan gagasannya tidak melakukan banyak persiapan. Dengan kata lain seorang public speaking bekerja secara mendadak.
  • Manuscript speech, artinya seseorang dapat melihat naskah saat menyampaikan gagasannya.
  • Extemporaneous speech, artinya seseorang tanpa menggunakan naskah dapat menyampaikan gagasannya dengan lebih informatif dan komunikatif. Dalam hal ini pembicara bebas berimprovisasi.

Pengenalan Audinece
  • Analysis-Siapakah mereka ? Berapa banayak yang akan hadir ? 
  • Understanding-Seberapa jauhkah pemahaman mereka terhadap subject yang akan disampaikan 
  • Demographics-Berapa usia, latar belakang, komposisi sex, dan latar belakang pendidikan mereka 
  • Interest-Unutuk tujuan apa mereka hadir ? Mengapa mereka dududk dikelas ini? Atas keinginan siapa mereka hadir dikelas ini ? 
  • Environment-Dimana saya akan berdiri ? Dapatkah mereka semua melihat dan mendengar saya ? Lingkungan yang ada akan seperti apa ? 
  • Needs-Apakah kebutuhan mereka ? Apakah kebutuhan anda selaku pembicara/fasilitator? 
  • Costumized-Kebutuhan atau tujuan khusus apa yang perlu untuk didapatkan? 
  • Expectations-Apakah yang sekiranya ingin mereka dengar atau dapat dari anda?

Pengenalan Tempat
  • Hadir sekurang-kurangnya satu jam sebelum acara dimulai untuk melihat kondisi fisik secara keseluruhan 
  • Pastikan posisi saat akan berbicara
  • Perhatikan outdoor atau indoor 
  • Perhatikan syarat kebutuhan anda untuk berbicara, seperti kelengkapan audio visual

Pengenalan Fisik

  1. Kerapian, kebersihan, dan kesesuaian pakaian 
  2. Kenampakan fisik saat tampil, seperti
  • Berdiri santai tetapi tegap 
  • Kaki harus rapi dan terlihat sopan 
  • Keadaan tangan santai dan dapat melakukan gerakan yang seproporsional mungkin 
  • Wajah terlihat meyakinkan tetapi tidak tegang

Teknik-Teknik Presentasi

  • Teknik Ice Breaking 
  1. Pembukaan yang menarik 
  2. Gunakan Joke 
  • Teknik Vokal 
  1. Pernapasan 
  2. Volume 
  3. Ekspresi vokal 
  •  Pitch, faktor tinggi rendahnya suara, 
  • Pace, faktor kecepatan berbicara, 
  • Phrasing,faktor kecakapan memenggal kalimat, dan disertai dengan jeda.

Mengawali Suatu Presentasi
  1. Salam 
  2. Aba-aba memulai presentasi 
  3. Ice Breaking dengan Human Touch (Ajukan Pertanyaan ke audience, Berita Media lagi hot terkait topik, cerita lucu terkait topok dll.) 
  4. Perkenalkan diri 
  5. Jelaskan tujuan presentasi 
  6. Jelaskan berapa lama presentasi 
  7. Jelaskan alat peraga yang ada 
  8.  Jelaskan mekanisme bertanya 
  9.  Uraikan outline topik

Bahasa Presentasi
  1. Bahasa sehari-hari atau bahasa percakapan lebih mendominasi
  2.  Gunakan pilihan kata yang tepat dan pantas (Diction)
  3.   Gunakan rhetorical questions 
  4.  Gunakan dramatic sentence structure

Gunakan Bahasa Tubuh

  1. Kontak mata 
  2. Bergerak kesegala penjuru 
  3. Bergerak kearah audience
  4.  Tangan dan lengan turut bergerak (GESTURE) 
  • Open Hand Gesture 
  •  Open Arm Gesture

Hal-hal yang harus dihindari
  1. Jangan Mengunci Lengan 
  2. Jangan melakukan gerakan tangan yang berlebihan 
  3. Jangan menghalangi Layar atau papan tulis.

Suara Emas
  1. Artikulasi (mengucapkan lafal secara benar) 
  2. Mengulang pengucapan untuk menekankan makna 
  3. Berbicara cepat untuk memukau 
  4. Berbicara lambat untuk memberi makna penting 
  5. Beri jeda sambil memandang audince 
  6. Berganti suara untuk memberikan penekanan makna

Menutup Presentasi
  1. Ringkasan 
  2. Kesimpulan  
  3. Berikan Handout 
  4. Waktu untuk pertanyaan 
  5. Menutup dengan kesan mendalam

Demam Panggung
  1. Gemetar 
  2. Berkeringat 
  3. Gugup 
  4. Detak jantung semakin cepat 
  5. Sakit lambung 
  6. Gerakan tidak terkontrol 
  7. Bicara terburu-buru 
  8. Suara kurang terdengar

Cara mengatasi Demam Panggung

  1.  Tarik nafas dalam-dalam 
  2.  Jernihkan pikiran anda 
  3.  Pandang hadirin sebentar, berikan kehangatan 
  4.  Perkenalan 
  5. Tatap mata hadirin dengan adil 
  6.  Tunjukan perhatian, semangat dan gairah selama presentasi 
  7.  Gunakan variasi nada, suara, irama, tinggi-rendah 
  8.  Jangan memberikan kesan menggurui 
  9.  Penyajian sistematis 
  10.  Usahakan berdiri 
  11.  Jangan berdebat, ngotot, emosional 
  12.  Humor yang segar dan sesuai 
  13.  Jangan menggunakan istilah yang membingungkan

Presentasi yang baik secara penyampaian
  1. Jangan bergantung pada teks 
  2. Kenali dengan baik siapa yang dihadapi 
  3. Topik orisinil dan mereka menginginkanya 
  4. Jangan membuat mereka jenuh 
  5. Humor yang tidak berlebihan 
  6. Periksa ruangan dan fasilitas presentasi 
  7. Interaksi yang baik dengan mereka 
  8. Berikan contoh dan ilustrasi yang spesifik 
  9. Perhatikan gesture 
  10. Penampilan yang baik 
  11. Presentasi bukan ngobral 
  12. Latihan yang cukup

Nah itu merupakan materi yang kita bahas malam itu, saya juga sangat berterima kasih kepada Indra Muis yang telah berbagi materi tentang “TEKNIK PRESENTASI” yang di share lewat www.slideshare.net

Setelah pemberian materi itu selsai selanjutnya kita beralih ke praktek mempresentasikan materi yang akan dipaparkan, OKH….. iya….. kelas ini juga di persiapkan bagi pembawah materi yang akan membawakan materi tentang Linux Oleh anak-anak KSL pada kegiatan KSL Goes to Shcoll di SMA Popayato pada tanggal 1-3 November 2013. Semoga acara kami sukses.

Praktek pertama dilakukan oleh Nazar yang membawahkan materi Linux Devin, Ardi materi tentang Cinta, Rizki materi Padanan Aplikasi, Syahrul Materi tentang Pengenalan KSL, dan Irvan Materi tentang Linux….., yang terakhir si Alam yang mau memberikan materi saat itu, malah nangis…. Karena kaca mata ajaibnya hilang entah kemana yah…. Materinya yang dibawahkan Alam tidak jadi dipresentasikan.

Nah itu cerita singakat kami tentang KSL, nantikan cerita KSL selanjutnya….

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kuerennn (y) maju terus KSL.UNG

 

Amazing Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates